Jumat, 08 Maret 2013

TEMUKAN CARA TERUNIK `TUK MAHIR BAHASA ASING




       Setiap orang di dunia sudah menyadari bahwa Bahasa Inggris, mau tak maumemang perlu dipelajari. Bagaimana tidak, Bahasa Inggris sudah lama diakui sebagi bahasa Internasional. itu berarti bahasa Inggris-lah yang dapat menyatukan komunikasi di seluruh dunia. Dunia kerja tak akan pernah lepas dari persyaratan TOEFL denagn skor minimal 400. Jenjang pendidikan pasti memasukkan bahasa Iggris sebagai mata pelajaran baik intrakulikuler maupun ekstrakulikuler. Seorang MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi) sekalipun akan dianggap berprestasi dengan syarat jurnal dalam bahasa Inggris. Pertukaran pelajar antar negara, syarat utama adalah bahasa Inggris sekalipun itu masih tingkat dasar. Dengan kata lain, bahasa Inggris adalah kunci untuk berkelilingi dunia. 

      Banyak orang bilang bahasa Inggris itu menyenangkan, tapi tak sedikit yg bilang bahasa Inggris  itu susah dan menyebalkan. "Cintai pekerjaanmu, maka kamu akan dapat menyelesaikannya dengan mudah." mungkin kata bijak satu ini perlu kita terapkan kalau kita memang mau serius belajar bahasa asing. Kalau memang pekerjaannya (belajar bahasa asing) itu tidak menyenagkan, maka carilah cara yang menyenagkan untuk mempelajarinya. Dengan begitu, kita akan lebih enjoy belajar bahasa asing.
  
     Setiap orang punya style atau cara tersendiri dalam belajar, disini saya tidak ingin menyampaikan tentang cara belajar kinestatik, audio maupun visual. Ide iseng saya muncul untuk mengadakan pengamatan. Pengamatan ini muncul karena rasa penasaran. Rasa penasaran yang muncul dari keprihatinan teman-teman akan keluhan teman se-progdi karena tidak bisa bahasa Inggris, kurangnya antusias mereka untuk mengaplikasikan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Hingga suatu saat, terbentuklah English Speaking Club yang sempat berjalan beberapa kali.

     Well, pemangatan ini bukan seperti pengamatan para peneliti yang cukup bernilai. ini hanya pengamatan untuk mencari jawaban dan solusi dari rasa penasaran dalam benak saya. So, pengamatan ini [un biasa saya lakukan dngan sekedar sharing sengan teman-teman yang sedang duduk di taman, kongkow di HMP, atau suasana santai lainnya. dan pada akhirnya saya mecoba menyimpulkan. Ada beberapa alasan yang kurang menarik buat saya , tapi okelah tetap perlu kita apresiasi. Seorang mahasiswa yang baru saya kenal, kita ngobrol tentang mengapa masuk progdi bahasa Inggris. Alasanya adalah karena pilihan orang tua. kita perlu apresiasi karena dia sudah menunjukkan rasa berbaktinya pada orang tua. ada algi yang bilang masuk progdi bahasa Inggris karena gaji guru bakal naik. oke,  setidaknya dia sudah memiliki mimpi bearnya kedepan. namun, dua alasan ini perlu di barengi dengan komitmen dan target kapan kita menguasai bahsa Inggris.

      Berbeda dengan alasan dari sebagian teman yang lain. Jawaban mereka simpel, tidak terlalu bervisi besar bahkan hanya berdasar hobi atau kesukaan saja. di sebuah kesempatan presentasi, temanku bercerita mengapa ia memilih bahasa Inggris. Jawabannya adalah karena ia suka mendengarkan lagu yang memakai bahasa Inggris. Banyak respon yang menertawakannya, saya hanya tersenyum, tersenyum kagum karena keberaniannya dan keunikan alasannya. Dan ternyata, tidak hanya dia yang memiliki alasan itu. Banyak teman yg beralasan "suka dan memilih Bahasa Inggris karena musik". lain dengan teman diskusi saya di kampus, dia masuk bahasa Inggris karena suka sepak bola Internasional, naratornya pasti menggunaka bahasa Inggris sebagai pengantarnya, maka ia paham apa yang disampaikan sang narator. Mengamati dan terlibat dalam persiapan pertunjukan drama yang merupakan ujian akhir semester 6 lalu, saya melihat ada sebagian teman yg pandai berakting atau hanya sekedar paham tentang bagaimana membuat sebuah pertunjukan karena mereka pernah gabung di teater. Ada juga teman yang suka meliahat film-film hollywood, karya-karya seni para tokoh Barat dengan pengantar bahasa Inggris. Dan saya yakin masih banyak lagi alasan-alasan unik yang mungkin kita tidak pernah menyangka itu alasan mereka memilih bahasa Inggris. berbeda dengan saya. Yang emebuat saya jatuh hati pada bahasa Inggris adalah hal yang banyak dibenci orang, grammar. Yups, dari awal belajar bahasa Inggris, kelas 1 SMP, saya sudah dihadapkan grammar, tense dan saudara-saudara seperuruannya. itu yang membuat saya ingin memperdalam pemahaman bahasa Inggris saya. Meski diawal menjadi pembelajar bahasa Inggris yang pasif, tapi dengan bekal itu justru saya bisa lebih PD mengaplikasikan bahasa Inggris saya dalam percakapan sehari-hari.

    Mungkin itu semua berawal dari hobi, aktivitas atau kesukaan saja. Namun, hal itu justru bisa menjadi sarana kita dalam mencintai pekerjaan, salah satunya belajar bahasa asing. Buat mereka yang biasa ngaku 'Music is my soul" sampai ada yang bikin bajunya segala, mereka mungkin bisa belajar bahasa Inggris lewat musik, mainkan, nyanyikan, lagu-lagu berbahasa Inggris dan buat diri kita penasaran untuk mengetahui artinya. Kamu pecinta club bola International? cari biografi dari pemain-pemain terhebat versimu dalam bahasa Inggris, secara otomatis kamu akan mencari tau artinya dan setidaknya itu bisa menambah kosakata kita. Kamu Art Lovers Cari karya-karya seni orang Barat itu, pahami dan nikmati gaya bahasa mereka pasti akan terasa lebih menyenangkan daripada harus belajar bahasa Inggris di dalam kelas. Kamu seorang "sufi" (Suka Film)? Tonton film Hollywood yang tanpa subtille bahasa Indonesia. Mulai melatih diri untuk menerka cerita dari bahasa Inggris dan adegan yang diperankan atau bolehlah sesekali juga melihat yang ber-subtille Indonesia. Kamu pecinta Qur`an? Baca terjemahan qur`an dalam bahasa Inggris, kamu akan tau ternyata qur`an itu selalu menempati kedudukan tertinggi dunia sastra dari bahasa manapun, dan memang harus ditinggikan dan dimuliakan. Kamu suka berbicara, debat, pidato? Udah  chatting saja di dunia maya dengan bule-bulenamun perlu hati-hati jangan langsung memberikan identitas asli kita sampai foto kita. It can be dangerous. kita juga bisa lakukan di dunia nyata, dengan hunting tourist di berbagai tempat wisata.  

      So, my beloved guys. English is an easy and fun thing to learn, yang kita butuhkan adalah cara terunik dan termenarik yang bisa menjadikan kita riang mempelajarinya. Ada sebuah ungkapan dari anak SMP yang jadi murid PPL kakak tingka saya, "halah mas, wong ndeso ben dino mangan telo, sianune bahasa Inggris". oke, fine. Kita punya bahasa ibu (bahasa daerah dan bahasa Indonesia). bahasa itu bisa jadi penghalang jika "mitos" ( "halah mas, wong ndeso ben dino mangan telo, sianune bahasa Inggris") turun temurun itu tidak kita hilangkan. bukakah You are what you think? So, ketika kamu berpikir kamu bisa bahasa Inggris, pasti kamu bisa menaklukkannya. Dan saya rasa, mungkin cara ini (menemukan cara unik untuk blajar bahasa Inggris) bisa kita terapkan ketika kita belajar bahasa aisng lainnya.

Well guys. Finally, selamat mencoba dan menemukan cara terunikmu ^__^ That`s all.. See U..

5 komentar:

  1. bagus. :)


    Ternyata punys bloh jga ya mb' :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. ahayyde.. kok tau mb punya blog.. darimana??
    berawal dari kesepakatan ama temen2 untuk mulai menulis..
    yaah.. cuma belum bisa rutin..
    menulis,, yuk marii (pelan2 ae ea),, hee.

    BalasHapus
  3. Bagus Mbak..suka gaya menulisnya. 😊

    BalasHapus
  4. Bagus Mbak..suka gaya menulisnya. 😊

    BalasHapus

Translate